Sunday, January 15, 2012

Makanan Penyebab Penyakit

            Setiap orang pasti merasakan sakit, baik sakit yang berasal dari anggota tubuh, hati/jiwa maupun akal. Untuk mewaspadai suatu penyakit ada berbagai cara untuk menghindarinya salah satunya melalui jenis makanan yang kita makan. Kurangnya pengontrolan terhadap apa yang kita makan terkadang mengakibatkan berbagai penyakit yang akan menyerang anggota tubuh kita, salah satunya penyakit sariawan atau panas dalam. Penyakit ini beresiko bibir kering dan kelihatan bersisik. Jadi, untuk mencegahnya ada beberapa cara yang perlu kita ketahui untuk mengurangi jenis makanan yang akan beresiko pada kesehatan kita.
            Pertama, jangan terlalu banyak makan makanan yang mengandung lemak atau berminyak seperti makanan yang mengandung santan dan gorengan, katakana saja makanan bergulai, goreng ,dsb. Kedua, jangan terlalu banyak makan makanan yang terlalu pedas, manis dan hangat, seperti makan sambal pake cabe yang terlalu pedas, banyak makan permen yang terlalu manis dan makan-makanan hangat contohnya mieso hangat.
            Semoga tulisan yang singkat ini bermanfaat bagi kita semua dan hendaknya dapat kita terapkan dalam keseharian kita sehingga pola makanan sehat dapat kita capai demi mencegah resiko yang mengganggu kesehatan tubuh kita.
(sumber: berbagai sumber)
*Hasan Asyhari, mahasiswa jurusan sosiologi Fakultas Ilmu Sosial (FIS) UNP angkatan 2010.

0 comments:

Post a Comment