Thursday, March 13, 2014

Kantin Keilmuan FSDI Perdana, Angkat Tema Menulis


“Menulis itu mudah lho!” Rangkaian kata-kata itu merupakan tema untuk acara Kantin (Kajian rutin) Keilmuan yang perdana diangkatkan oleh Bidang Pendidikan Keilmuan Forum Studi Dinamika Islam (BPK FSDI) 2014. Acara ini diikuti sekitar 30 orang lebih mahasiswa FIS. BPK sengaja memilih tema menulis, sebab melihat realita banyaknya mahasiswa yang masih belum gemar menulis. Hal ini diindikasikan dari kurangnya motivasi mahasiswa dalam menulis terkhusus di Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Padang. Kantin Keilmuan perdana ini diadakan pada hari Rabu (12/03/2014) di ruang kuliah D43 FIS UNP. 

BPK FSDI, bidang yang bergerak dalam hal pendidikan dan keilmuan mengundang Dodi Saputra, penulis muda yang sudah memiliki lebih seratus tulisan dan sering dimuat di berbagai media di Indonesia seperti koran Singgalang Minggu, Haluan, Lampung Post, Riau Post dan sebagainya. Dalam penyampaiannya, Dodi Saputra menggunakan power point yang menggelitik peserta yang hadir. Tidak hanya dari segi konten tapi juga penyampaiannya bak seorang trainer muda bidang kepenulisan.
  
Ada tiga indikator yang disampaikan pemateri diantaranya urgensi menulis dalam pandangan Islam, pemaparan mengenai tulisan fiksi dan tips publish atau cara nerbit-kan tulisan di berbagai media. “Dalam menulis, kita tidak terlepas dari hubungan dengan sang khalik dimulai dengan mengucapkan basmallah ketika hendak menulis, membuat tulisan sesuai minat diri hingga bertawakal pada Allah swt,” ungkap pemateri yang juga merupakan manajer komunitas menulis Rumah Kayu. Toni Kaswari, salah seorang peserta dan juga merupakan mahasiswa geografi non-kependidikan mengatakan acara tersebut sangat bagus dan memunculkan motivasinya kembali dalam menulis. 

Selanjutnya, dalam sesi diskusi ada tiga penanya yang bertanya terkait kendalanya dalam hal menulis. Setelah itu, acara diakhiri dengan penyerahan kenang-kenangan oleh Ketua Umum FSDI, Yon Virgo kepada pemateri yang juga pernah mengisi acara “Menulis Kreatif” di Fakultas Bahasa dan Seni UNP ini. (HA)

0 comments:

Post a Comment