Tuesday, June 19, 2012

Seminar Kesehatan Bebas Asap Rokok


            Salah satu program dari Rumah Zakat adalah bagaimana generasi muda bebas dari asap rokok. Dalam  mewujudkan program tersebut Rumah Zakat kota Padang mengadakan seminar kesehatan dengan tema,”Selamatkan Generasi Muda dari Asap Rokok. Acara ini tidak hanya diadakan di kota Padang saja namun serentak diadakan di 43 cabang Rumah Zakat lain seluruh Indonesia. Wajar saja Badan Amil Zakat (BAZ) ini meraih penghargaan sebagai BAZ terbaik versi majalah Nadzwa tahun 2010. Seminar kesehatan ini diadakan pada hari Sabtu, 2 Juni 2012 bekerjasama dengan As-Salam Sumbar. Kegiatan yang diadakan secara gratis ini dihadiri  sekitar 500 peserta yang terdiri atas  pelajar SMP, SMA, SMK dan Mahasiswa sederajat se-kota Padang.
            Dalam talkshow seminar kesehatan ini diisi oleh beberapa orang pemateri yakni Dr.Raveinal,SpPD KAI dokter penyakit dalam RS.M.Jamil Padang dan juga merupakan salah satu dosen FK (Fakultas Kedokteran) Unand. Beliau menjelaskan mengenai bahaya rokok terhadap tubuh manusia dan lingkungan sekitarnya. Selanjutnya pemateri kedua Wakil Walikota Padang Mahyeldi Ansyarullah, Beliau menyampaikan “kalau kita jadikan kota Padang bebas asap rokok maka berarti kita telah menjadikan kota Padang sebagai taman syurga.” ujarnya di depan peserta yang hadir di dalam Auditorium Rumah Dinas Gubernur Sumbar itu. Kemudian pemateri terakhir Muharlion, ketua komisi 4 DPRD ini menjelaskan peranan Perda (Peraturan Daerah) kota Padang mengenai kawasan bebas asap rokok.
            Seminar yang dimoderatori Yogi Wiradinata ini juga turut mengundang Kepala Dinas Kesehatan kota Padang sebagai pemateri. Ibu Wati sapaan akrabnya menyampaikan bahwa hari ini tidak satupun dari kita yang tidak mengetahui bahaya rokok dan menginginkan untuk berhenti namun tinggal implementasinya di lapangan. Tepat pukul 11.00 WIB, acara  seminar yang dikemas dalam bentuk talkshow ini ditutup oleh moderator. (Hasan Asyhari)

0 comments:

Post a Comment