Sunday, October 21, 2012

Resensi-Menulis Bisa Bikin Kaya


Pengen Kaya Menulis Aja!

Judul               : Menulis Bisa Bikin Kaya
Pengarang       : Helvy Tiana Rosa
Penerbit           : Ziyad Visi Media, Solo
Cetakan           : Ketiga, Mei 2007 M
Tebal Buku      : 94 halaman
ISBN               : 979-98406-47-1

            Bicara soal tulis-menulis akrab dengan nama HTR (Helvy Tiana Rosa) sang Lokomotif Penulis Muda Indonesia yang juga penulis produktif ini sering mendapat penghargaan baik dari dalam maupun luar negeri. Di samping mengembangkan bakat, dunia tulis-menulis juga bisa menghasilkan materi berlimpah seperti HTR dan adiknya Asma Nadia yang baru menulis 30 judul buku, ia menerima royalti per-3 bulan minimal 10 juta. Atau penulis muda lain seperti Hilman ‘Lupus’ dari awal terbit bukunya hingga lima tahun berikutnya ia menerima royalti sebanyak 800 juta rupiah. Dan masih banyak penulis ternama lagi seperti Habiburrahman El-Shirazy, Gola Gong dan sebagainya. Tapi ingat, kekayaan abadi seorang penulis adalah kekayaan gagasan, kekayaan wawasan, kekayaan jiwa, kekayaan ide dan kekayaan imajinasi. Itulah hakikat kekayaan yang dimiliki seorang penulis.
            Dalam buku berbentuk bincang-bincang sama HTR ini dikupas bagaimana kiat agar tulisan kita bisa bikin kita kaya?. Kakak dari Asma Nadia ini menuturkan kiat-kiat menulis hingga bisa menjadi kaya dengan penuturan bak sedang diliput wartawan sebuah media massa sehingga mudah dipahami. Seakan-akan pembaca ikut terlibat mewawancarai sang penulis ternama itu. Selain itu, kata-kata motivasi atau penyemangat membuat pembaca pengen cepat-cepat menulis saat itu juga. Sugesti dalam penuturan HTR benar-benar terlihat ketika si pembaca membaca buku mungil nan kaya pengalaman ini.
            Tak ada bedanya dengan buku-buku lain pada umumnya. Kemotonan warna huruf pada bagian isi buku masih terlihat. Serta tak terlihat gambar ataupun ilustrasi yang disajikan buku Menulis Bisa Bikin Kaya ini. Namun, tak terlalu menjadi masalah. HTR terbuka dalam memberikan segenap pengalamannya dalam dunia kepenulisan yang ia tekuni. Tak hanya itu relevansi antara penuturan dengan fakta-fakta ilmiah dan kaitan dengan agama mampu digambarkan dalam buku ini. So, bagi sobat yang pengen kaya dari segi materi maupun nonmateri dalam dunia tulis-menulis silahkan baca buku ini. Gak bakal menyesal euy! (Hasan Asyhari, Anggota Forum Aktif Menulis Indonesia)

0 comments:

Post a Comment