Thursday, July 11, 2013

Lapsus: Shalat Tarawih Pertama Ramadhan 1434 H/2013 M di Kota Serambi


Jejakpikiran-Rabu/10 Juli 2013

Malam ini Rabu, 10 Juli 2013 adalah Shalat Tarawih pertama pada bulan Ramadhan 1434 H/2013 M setelah keputusan Menteri Agama dalam Sidang Isbat Selasa, 9 Juli 2013 di Kementerian Agama, Jakarta. Di beberapa Masjid di kota Padangpanjang secara umum melaksanakan ibadah shalat tarawih pertama pada malam itu. Terkhusus di Masjid Tauhid yang terletak di pusat pasar kota Padangpanjang ini terlihat ramai pada malam itu. Terlihat banyak anak-anak, beberapa remaja, orangtua yang kelihatan berada di dalam masjid.
Malam itu rangkaian Shalat Tarawih dimulai dengan pengarahan dari pengurus Masjid, kata sambutan dari ketua pengurus masjid kemudian dilanjutkan dengan ceramah oleh Ustadz Abdul Latif yang juga merupakan Kepala TPA Masjid Tauhid Padangpanjang. Dalam ceramahnya yang berjudul “Kiat Mengisi Ramadhan Agar Sukses”. Ustadz yang santai dalam penyampaiannya tersebut, ia menerangkan bahwa suapaya sukses mengisi Ramadhan salah satunya dengan menjalankan segala sesuatunya dengan ikhlas. Pada hari penghisapan nanti ada tiga orang atau golongan yang terlebih dahulu dihisab yakni orang yang mati syahid, orang yang mengajari ilmu agama dan orang yang kaya. Ketiga golongan tersebut akan ditanyai keikhlasannya. Jika ternyata tidak ikhlas akan dicampakkan dalam neraka hingga waktu yang ditetapkan.
Oleh karena itu, untuk membersihkan hubungan dengan Allah maka bisa dilakukan dengan beristighfar yang banyak dan segera melakukan taubat nasuha. Memperbaiki hubungan dengan tetangga bisa dilakukan dengan meminta ma’af sehingga amal ibadah kita akan diterima. Jika tali silaturahmi kita terputus dengan sesama manusia (hablumminannas) maka Allah swt tidak akan menerima amal ibadah manusia tersebut sebelum dima’afkan orang bersangkutan. (HASAN ASYHARI)

0 comments:

Post a Comment