Monday, October 14, 2013

Laporan Kegiatan: Fsldk Sumbar: "Menggairahkan Dakwah Lewat Media"



Padang-Jejak Pikiran
Hari ini, Sabtu (12/10/13) diadakan Launching Website FSLDK Sumbar dan Wartawan LDK Sumbar bertempat di kampus I UBH, Ulak Karang. Kegiatan tersebut merupakan wujud nyata dari program kerja BK Humas Media Forum Silaturrahim Lembaga Dakwah Kampus Sumatera Barat yang saat ini dikoordinatori Forum Studi Islam (FSI) Nurul Jannah Universitas Bung Hatta. Website FSLDK Sumbar dengan nama domain http://www.fsldksumbar.com ini merupakan salah satu sarana dakwah lewat media elektronik. Website tersebut diharapkan sebagai pusat informasi mahasiswa muslim terkhusus provinsi Sumatera Barat.

Dalam kata sambutannya di depan lebih 20 orang utusan Lembaga Dakwah Kampus (LDK) di Sumatera Barat, Doni Noviardi selaku koordinator BK Humas Media FSLDK Sumbar yang juga merupakan Ketua Umum FSI Nurul Jannah UBH mengatakan, “Kita butuh juga mempublikasikan kegiatan-kegiatan LDK yang ada.” Selain itu, Kiyadah (pemimpin) tiap LDK di Sumbar juga dapat menjadi pioner bagi mahasiswa muslim Sumatera Barat. Itupun jika karya-karya atau buah pemikirannya bisa muncul di berbagai media lokal maupun nasional yang ada.

Kemudian, kegiatan setengah hari itu di-launching oleh Jevi Gismoro (Pjs Ketua Umum FSLDK Sumbar). Beliau mengatakan dengan launching-nya website FSLDK Sumbar dan wartawan LDK Sumbar diharapkan dapat men-support bagi masing-masing LDK agar bisa dikenal khalayak ramai dan juga bisa menjadi sarana syi’ar islam di kampus.

Jika kebanyakan mahasiswa hanya mengenal wartawan mahasiswa kampus yang biasa tergabung pada unit kegiatan mahasiswa. Namun, wartawan LDK tak kalahnya demikian. Wartawan LDK lebih fokus pada kegiatan masing-masing LDK dan isu terkait. Mereka yang telah direkomendasikan tiap LDK akan mendapat training selama dua hari, tanggal 16 dan 17 November 2013 mendatang. Wartawan LDK tersebut akan dibekali ilmu jurnalistik. Mereka juga akan mendapatkan Surat Keputusan (SK), baju seragam dan kartu identitas, diberi kebebasan meliput berbagai kegiatan LDK atau ADK yang ada di kampus masing-masing. Selain itu, mereka bisa langsung mem-posting tulisan atau liputannya ke website FSLDK Sumbar.

Sebagai pengantar, Doni Noviardi menyampaikan beberapa informasi terkait dampak media yang nantinya akan dibahas detail saat training wartawan LDK Sumbar. Kemunculan istilah wartawan LDK, diharapkan menjadi model bagi LDK lain di luar Sumbar dalam menggairahkan dakwah media. Selain dakwah bil lisan (perkataan), dakwah bil qalam (tulisan) seperti media dirasa akan mudah dicerna oleh objek dakwah sehingga amat menarik untuk dijadikan sarana dakwah.

Sebagai pemanasan dan melihat kesungguhan para calon wartawan LDK Sumbar, Koordinator BK (Badan Koordinasi) Humas Media FSLDK Sumbar memberi sebuah tantangan awal kepada masing-masing calon wartawan LDK membuat sebuah profil singkat LDK masing-masing. Yang nantinya bisa di-publish di website FSLDK Sumbar. (HA)

1 comments:

Iwan Popi Laya
October 14, 2013 at 7:16 PM

the best information

Post a Comment