Sunday, October 20, 2013

Laporan Kegiatan: Komunitas Kepenulisan Baru di Kampus UNP


Padang-Jejak Pikiran
Hari ini, Sabtu (19/10) diadakan temu perdana Forum Aktif Menulis Indonesia unit Universitas Negeri Padang (FAM Indonesia unit UNP) bertempat di taman sekitaran Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan (FMIPA) UNP. Kegiatan kopdar (kopi darat), istilah yang akrab dipakai pengurus FAM lainnya ini dihadiri 10 orang, delapan orang mahasiswa UNP, dua orang diantaranya  Denni Meilizon (Sekretaris Umum FAM Sumbar 2012/2013) dan Irwan Hasan (famili FAM Sumbar). Irwan juga gemar menciptakan lagu dari karya-karya famili atau sapaan akrab  penulis dan penggemar FAM Indonesia.

Pertemuan yang berlangsung kurang lebih 2 jam-an itu diawali dengan perkenalan antara famili yang hadir, perkenalan FAM Indonesia, FAM Sumbar dan juga pembentukan struktur kepengurusan FAM unit UNP. Selain itu, juga ada sesi tanya jawab tentang FAM Indonesia pada famili yang hadir. Famili yang hadir rata-rata memang peminat dunia kepenulisan. Seperti halnya Amika, AN merupakan penulis buku novel  Kutub tak Bersalju. Buku yang banyak mengambil latar di kawasan Danau Kembar, Solok itu sempat di-launching beberapa hari yang lalu bersamaan dengan pelantikan wali nagari setempat.

Dalam kopdar perdana tersebut terbentuklah struktur kepengurusan FAM unit UNP sementara yang berasal dari beberapa fakultas yang ada di UNP yakni Ketua Harian (Hasan Asyhari), Sekretaris (Rahmi Syalfitri, R), Bendahara (Vivi Afri Oviani). Ketiga orang tersebut merupakan Dewan Pengurus Harian FAM unit UNP. Selain itu, juga dibentuk tiga bidang din bawahnya yakni Bidang Pengembangan dan Sumber Daya Manusia yang dikepalai oleh Ardiles, Bidang Kepenulisan dan Penerbitan (Zakaria) dan Bidang Humas, Jaringan dan Media dikepelai oleh Riduan. Dewan Pengurus Harian (DPH) FAM unit UNP dibantu tujuh orang koordinator fakultas atau yang disingkat KF yakni KF 1 (FIS), KF 2 (FIP), KF 3 (FE), KF 4 (FMIPA), KF 5 (FT), KF 6 (FBS), KF 7 (FIK).

UNP merupakan kampus pertama di Indonesia yang mencetuskan munculnya FAM Indonesia di ranah kampus. Kampus dengan motto Intelektual dan Religius itu sebenarnya memiliki bibit penulis yang belum terpublikasi lebar ke khalayak ramai. Dengan kehadiran FAM unit UNP ini diharapkan menjadi pondasi awal munculnya penulis-penulis islami di kampus UNP, di Sumatera Barat, Nasional bahkan Internasional hendaknya. Sebagai kegiatan awal, FAM unit UNP akan mengadakan kopdar kedua dengan mengundang langsung Muhammad Subhan (Ketua Umum FAM Indonesia) sebagai pembicara dengan materi Fiksi dan Nonfiksi pada tanggal 2 November mendatang. Famili ditantang membuat tulisan yang berbeda fiksi dan nonfiksi yang nantinya akan dibahas saat pertemuan berlangsung. Dari sanalah bentuk pembelajaran terjadi. FAM Indonesia dengan motto Dakwah bil Qalam juga memiliki penerbit FAM Publishing. Nantinya, berbagai tulisan famili FAM unit UNP bisa diterbitkan di sana. (HASAN ASYHARI)

1 comments:

arfan ahmad
October 22, 2013 at 10:45 AM

LUAR BIASA, inilah yang terbesit dihati seorang yang ingin menjadi penulis sukses juga. yaitu "AKU" aku ingin menghadiri dengan kakak seniorku yaitu mas hasan dalam acara tersebut, namun kami kebingungan lokasinya..hmmm tapi walaupun begitu...kami tetaplah penulis juga..hehehehe...nggak boleh kehilangan semangat.....maju terus bang hasan asyhari........ku kan slalu mendoakan mu....

Post a Comment