Monday, October 28, 2013

Tasqif UKK : Kuasai Bahasa Inggris, Studi Sukses


            Materi ilmy atau keilmuan ini sangat menarik diikuti. Terutama bagi mahasiswa tahun awal. Sebab materi yang dibahas sangat dekat dengan dunia akademik. Kegiatan dengan tema yang berbeda tiap minggu ini selalu membawa hal-hal baru dalam pemberian ilmu baik ilmu umum maupun ilmu agama. Miftahul Khair, S.Si, M.Sc (dosen jurusan kimia UNP) berbagi ilmunya terkait bahasa inggris. Dengan pandai berbahasa inggris akan membawa seseorang menjelajahi dunia. Bahkan juga bisa membuat orang menaklukkan dunia. Bahasa inggris sudah menjadi bahasa internasional. Setiap negara sudah mempelajarinya.
            Kegiatan yang diadakan pada hari Jum’at (25/10) di masjid dekat FBS ini diberi tanggung jawab pada kader ilmy aktivis dakwah kampus UNP untuk mengundang pemateri yang gaweian-nya keilmuan atau akademik. Kehadiran sang dosen jurusan Kimia Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Negeri Padang membawa warna tersendiri bagi kader-kader dakwah di UNP. Ustadz Miftah yang akrab disapa, juga merupakan staf dosen pengajar kelas (lokal) ISTE atau kelas bilingual (dua bahasa). Mahasiswa yang berada pada kelas tersebut menggunakan bahasa Inggris ketika perkuliahan berlangsung. Selain melatih berbicara menggunakan bahasa Inggris. Namun, ini merupakan sebuah peluang bagi mereka untuk bisa bekerja di luar negeri nantinya. Tidak hanya luar negeri, di Indonesia saat ini juga meminta pelamar wawancara menggunakan bahasa inggris.
            Hal demikian tentu menjadi bekal bagi mahasiswa ISTE untuk terjun ke dunia kerja. Biaya kuliah kelas ISTE menurut salah seorang mahasiswa FMIPA. Tidak begitu berbeda dengan mahasiswa kelas biasa. Sebab prinsip kelas ISTE adalah kelas internasional dengan biaya lokal. Dengan demikian tidak lagi menjadi jurang pemisah antara mahasiswa berada dengan yang kurang berada. Dan tentu memberi peluang kepada siapa saja mahasiswa yang ingin kuliah di kelas ISTE tersebut.
            Bahasa Inggris tidak hanya merambah dunia pendidikan. Media-pun banyak didominasi dengan bahasa Inggris. Baik itu media cetak maupun elektronik. Misalkan, buku-buku elektronik (e-book), jurnal internasional seperti Science direct, nature, science. Majalah-majalah internasional seperti aljazeera, time, newsweek. Berbagai stasiun televisi di dunia dan website populer di dunia maya-pun menggunakan bahasa Inggris seperti wikipedia, yahoo, google dan amazaon. Begitu banyak peran bahasa Inggris dalam menjelajahi media. Sosok mahasiswa yang cerdas tentu tidak hanya mau diam dengan kenyataan seperti itu. Banyak tempat-tempat kursus atau les yang ada untuk mendalami bahasa internasional terbut. Bahkan beasiswa luar negeri-pun membutuhkan TOEFL agar bisa tembus di perguruan tinggi dengan kualitas yang bagus. Begitu yang disampaikan Ustadz Miftah di agenda Tasqif (Tarbiyah Tsaqafiyah) yang diangkatkan oleh bidang kaderisasi Unit Kegiatan Kerohanian UNP. (HASAN ASYHARI)     

0 comments:

Post a Comment