Sunday, November 3, 2013

Laskar Muda FSDI: Bakal Kader Dakwah di Fakultas Merah UNP


Padang-Jejak Pikiran
           Outbound merupakan sebuah sarana melatih fikriyah dan jasadiyah seseorang. Terutama calon (kader) dakwah kampus. Begitu dengan Lembaga Dakwah Fakultas dari Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Padang atau sering disapa FSDI ini menerapkan hal demikian. Melalui Follow up acara Twitter (pesantren dasar I) yang diadakan beberapa waktu lalu di kampus FIS.
            Tiap tahun kegiatan ini selalu diadakan. Tentu dengan suasana yang berbeda dari tahun ke tahun. Sesuai dengan namanya Forum Studi Dinamika Islam (FSDI). Kegiatan yang berlangsung hari Minggu (27/10) ini dimulai dengan pembukaan di pelataran parkir masjid Al-Azhar UNP. “Adik-adik diharapkan mengikuti outbound ini dengan sungguh-sungguh,” pesan Jefrilianto. Mahasiswa jurusan sejarah dan juga merupakan sekretaris umum FSDI tahun 2013.
            Selanjutnya, para peserta outbound yang berjumlah sekitar lebih dari 40-an itu menaiki bis kota menuju Lubuk Minturun. Peserta yang secara umum adalah mahasiswa baru tahun masuk 2013. Setiba di sana, peserta dihadapi dengan berbagai game-game menarik dan cukup menantang. Tiap game ada posko-nya. Sebelum memasuki posko-posko berikutnya peserta harus melapor terlebih dahulu pada instruktur game di posko yang mereka datangi. Laporan itu berisi yel-yel dan password berupa potongan arti dari salah satu ayat Qur’an. Peserta yang dibagi sekitar lima hingga tujuh orang dalam kelompok.
            Permainan yang disajikan seperti rebah men (posko I), makan kerupuk gantung (posko II), spider elektrik (posko III), sapu lidi (Posko IV) dan  ular naga (posko V). Sebagai pengakhiran game, peserta dan panitia beradu aksi dalam game ular naga. Waktu shalat zuhur-pun hampir masuk. Seluruh peserta dan panitia membersihkan badan di perguruan Ar-risalah yang tidak berapa jauh dari tempat outbound. Setelah itu shalat berjamaah, makan bersama dan mentoring. Beralaskan rerumputan di bawah pohon rindang. Para peserta membentuk lingkaran kecil yang didampingi seorang mentor. Dalam mentoring singkat tersebut, peserta diminta mengemukakan kesan dan pesannya. Serta mentor memberikan arahan untuk mentoring ke depannya.
            Tak berapa lama setelah itu, acara penutupan-pun tiba. Abdul Aziz, Ketua Umum FSDI memperkenalkan seluruh panitia dan juga para alumni yang berkesempatan hadir saat itu. Kemudian, pengumuman pemenang pada kelompok terbaik, penanggungjawab kelompok terbaik dan pemilihan Pangeran, Sekretaris Jenderal Laskar Muda FSDI 2013. Bak sebuah musyawarah besar, lima peserta ikhwan (laki-laki) yang ditunjuk teman-teman melakukan musyawarah singkat. Akhirnya, terpilihlah Suyatna (Sejarah, 2013) dan Wahyu Agung Saputra (PPKn, 2013) sebagai Pangeran dan Sekretaris Jenderal Laskar Muda FSDI 2013. Sementara bendahara (Dewi Novia Sartika /Geografi, 2013) dan ketua keputrian (Siti Khodijah/ PPKn, 2013) sudah dipilih pada tataran akhwat (perempuan). Setelah kegiatan outbound ini, para laskar muda tersebut akan diberi tugas seperti menjaga stand bazar FSDI dan juga bakal dilibatkan dalam kepanitiaan pada Musyawarah Besar FSDI yang akan diadakan pada bulan Desember mendatang. (HASAN ASYHARI)

0 comments:

Post a Comment