Wednesday, May 16, 2012

Aktualisasi Nasionalisme


                                         sumber: antarnews.com
Jika dilihat dari kaca mata sosiologi, nasionalisme merupakan rasa simpati akan kecintaan terhadap nasional (negara) sendiri. Terkadang konsep ini disalah artikan oleh sebagian orang, tak sedikit kaum intelek yang mampu mengaktualisasikan dirinya terhadap negara tercinta ini (Indonesia). Aktualisasi rasa simpati akan kecintaan terhadap negara Indonesia sebenarnya sudah terlihat sejak dahulu. Ketika tahun 1928 para pemuda di seluruh daerah di Indonesia mengazamkan untaian kata yang dikepung dalam sebuah  nama yakni  Sumpah Pemuda.
            Tak sedikit nama Indonesia harum oleh tangan para pemuda. Sebut saja dalam ajang olimpiade-olimpiade sains tingkat nasional dan internasional. Itu hampir semua diraih oleh para pemuda Indonesia mulai dari pelajar SD, SMP, SMA hingga Perguruan Tinggi. Hal demikian secara tidak langsung sebenarnya sudah menunjukkan bentuk nyata dari aktualisasi nasionaliseme terhadap negara Indonesia. Melalui berbagai iven-iven yang diikuti anak bangsa dan meraih prestasi itulah bukti konkretnya. Namun terkadang rasa Nasionalisme itu tidak dimiliki oleh semua pemuda. Lihat saja kasus narkoba yang kebanyakan dikonsumsi oleh para pemuda. Sehingga hal tersebut akan menjadikan nama negara ini menjadi buruk dalam pandangan negara-negara di dunia. Meskipun upaya untuk menyembunyikan hal itu  sudah dilakukan namun kehidupan tak akan bisa lepas dari yang namanya mass media (media masa).
            Sungguh miris jika pemuda Indonesia tidak dapat menjaga pola tingkah lakunya, maka akan merusak makna dari nasionalisme itu sendiri.(Hasan Asyhari)

0 comments:

Post a Comment