Wednesday, May 16, 2012

Sore-sore di Pantai Patenggangan


Sunset di Pantai Patenggangan

Patenggangan merupakan nama yang tak asing lagi bagi mahasiswa UNP yang tinggal di sekitar jalan Patenggangan, Air Tawar Barat karena di pinggir jalannya terdapat  pantai yang cukup indah. Pantai Patenggangan namanya, pengunjung pantai ini tak kalah saing dengan pantai-pantai yang sudah populer namanya, sebut saja pantai gondoriah di kota Pariaman. Meskipun fasilitas di pantai ini kurang memadai namun tak membuat surut orang-orang yang mengunjunginya. Tak hanya dari kalangan mahasiswa yang berkunjung sehabis pulang kuliah demi membalas rasa penatnya, namun juga para pelajar, orang dewasa hingga orang tua sekalipun. Terlihat sekali ketika penulis berkunjung ke pantai tersebut, penulis melihat berbagai macam aktifitas yang dilakukan orang disana. Ada yang bermain air, membuat bangunan dari pasir, bermain sepak bola pantai, berfoto-foto dan ada pula remaja yang lagi bermesraan dengan lawan jenisnya.
Dari kaca mata ilmu sosiologi, lebih mudah dilihat fenomena-fenomena dari masyarakat atau aktifitas orang-orang yang ada di pantai tersebut. Pantai Patenggangan ini lebih ramai jika berkunjung di waktu sore maklum saja karena sore adalah waktu yang pas untuk melakukan refreshing dari berbagai aktifitas harian yang dilakukan. Di sekitar bibir pantai terdapat beberapa rumah penduduk yang menetap di sana. Tak terbayang oleh penulis akan ketakutan dan kecemasan yang mereka rasakan apabila gempa dengan skala besar terjadi. “Uuh,sungguh mengerikan tentunya!!”. Dengan perasaan cemas dan pikiran yang tak karuan akan muncul dari sikap para penduduk yang tinggal di sana. Penulis melihat anak-anak yang bermain di depan rumahnya. Hal ini menunjukkan banyak nya keluarga yang boleh dikatakan kurang mampu dan tak memiliki biaya lebih yang tinggal di sana. Bagaimanapu mereka harus tetap tinggal di sana sekaligus sebagai tempat tumpuan hgidup mereka karena sebagian keluarga yang tinggal di sana adalah berprofesi sebagai nelayan.
Semoga saja perhatian pdari pemerintah terhadap keluarga-keluarga yang tinggal di sekitar pantai tersebut dapat di relokasikan ke tempat yang lebih aman nantinya, apalagi ketika gempa besar terjadi. Allahu’alam bishawab. (Hasan Asyhari)

0 comments:

Post a Comment