Sunday, August 12, 2012

Kita Belajar Kepada Mahasiswa, Mahasiswa juga Belajar Kepada Kita



Ketua STAIN Batusangkar menyerahkan piala bergilir kepada YAAR
        Itu merupakan kata-kata yang sering terdengar saat kata sambutan yang disampaikan oleh Camat Batipuah dan juga tokoh masyarakat nagari Ladang Laweh dalam acara pembukaan Lomba Tahfizh Al-Qur’an dan Nasyid yang diikuti puluhan pelajar ini. Acara pembukaan yang dilaksanakan di Masjid Makmur Ladang Laweh dan juga sekaligus sebagai tempat dilaksanakannya lomba. Acara yang diadakan pada hari Kamis malam (9/8) ini  diselenggarakan oleh KARISMMA kelompok remaja Masjid Makmur Ladang Laweh bekerjasama dengan Yayasan An-Nur Abdul Rahman (YAAR) dan Mahasiswa KKN STAIN Batusangkar angkatan ke-XV. Mahasiswa KKN dari STAIN yang akan diajukan menjadi IAIN ini berjumlah 8 orang,  2 orang laki-laki dan 6 orang perempuan. Mereka telah memulai aktifitas KKN sejak sebelum masuknya bulan Ramadhan 1433 H.
            Setelah didahului dengan shalat Isya dan Tarawih berjamaah ini, acara pembukaan lomba tahfizh Al-Qur’an dan Nasyid ini dipandu oleh MC (Master of Ceremony). Pembacaan ayat suci Al-Qur’an oleh salah seorang mahasiswa STAIN, Elga Novita. Perempuan yang bersuara merdu ini menukau peserta dan undangan yang hadir di Masjid saat itu. Kemudian kata sambutan dari ketua pelaksana, Abdurrahman. Dilanjutkan dengan kata sambutan ketua yayasan An-Nur Abdul Rahman, Mustafa Akmal,MH Dt. Sidi Ali. “Kehadiran mahasiswa KKN kita manfaatkan potensinya untuk membina anak-anak yang belajar Al-Qur’an di Nagari ini,” ujar tamatan S2 Magister Hukum Universitas Negeri Andalas ini. Lalu kata sambutan salah seorang tokoh masyarakat nagari Ladang Laweh, Uan Deen Dt.Simarajo. ”Kita juga belajar, mahasiswa juga belajar ilmu”,ucap anggota legislatif Kab.Tanah Datar ini. Dan berikutnya kata sambutan dari Camat Batipuah, Drs.M.Nur, M.Si. “Hampir setiap nagari di kecamatan Batipuah yang mengadakan MTQ pada bulan Ramadhan ini, namun di sini lebih kreatif yakni dengan lomba Tahfizh dan Nasyid,” terangnya.
            Kemudian tabligh akbar Nuzul Al-Qur’an sekaligus membuka secara resmi lomba Tahfizh dan Nasyid oleh Ketua STAIN Batusangkar, Prof Hasan Zaini. Dalam penyampaiannya, beliau menjelaskan sebab-sebab turunnya Al-Qur’an serta faedah dari Al-Qur’an bagi kehidupan manusia salah satunya sebagai Asyifa (Penyembuh) atau obat bagi yang sakit. Usai ceramah singkat mengenai Al-Qur’an tersebut Beliau langsung membuka secara resmi lomba Tahfizh dan dan Nasyid. Terakhir Beliau mengatakan bahwa akan ditanda tangani MoU (Nota kesepakatan) antara STAIN Batusangkar dengan Yayasan An-Nur Abdul Rahman terkait pendidikan di nagari Ladang Laweh. Selanjutnya, pembacaan akta kesepakatan oleh bagian Hubungan Masyarakat (Humas) STAIN Batusangkar. Kemudian penampilan peserta Tahfizh oleh Yola, Yahya, Ranti dan Nova sebagai lomba Tahfizh resmi dibuka. Para peserta itu menampilkan hafalannya ke depan para undangan yang hadir saat itu. Mereka membacakan beberapa surat yang terdapat dalam Juz 30. Dan terakhir pembacaan do’a oleh Dafrizon,S.Ag dan tepat pukul 23.10 WIB acara pembukaan lomba Tahfizh dan Nasyid ditutup. (HASAN ASYHARI)

0 comments:

Post a Comment