Monday, January 7, 2013

Lapsus: Menjadi Guru Berprestasi Lewat Menulis



Terlihat Moderator dengan ketiga narasumber
Jejak Pikiran (Padangpanjang)- Dewan Pengurus Cabang PPWI (Persatuan Pewarta Warga Indonesia) Padangpanjang dan FAM (Forum Aktif Menulis) Indonesia sukses menggelar Seminar Nasional Menjadi Guru Berprestasi Lewat Menulis Buku. Seminar Nasional ini diikuti lebih kurang 200 orang peserta, undangan dan sponsor. Acara perdana PPWI Padangpanjang bekerjasama dengan Forum Aktif Menulis Indonesia, sebuah wadah atau komunitas kepenulisan yang mau beranjak umur satu tahun ini merupakan acara yang bertujuan memberikan motivasi kepada seluruh guru maupun mahasiswa calon guru terkait hal tulis-menulis terutama menulis buku. Iven akbar ini dibintangi oleh tiga orang narasumber yakni Drs. Marjohan, M.Pd (Guru Berprestasi tingkat Nasional tahun 2012), Fauziah Fauzan El-Muhammady, SE,Akt, M.Si (Trainer, Penulis dan Pimpinan Perguruan Diniyyah Puteri Padangpanjang) dan Drs. Irzen Hawer (Guru SMA N 1 Batipuah dan Penulis buku novel Cinta di Kota Serambi).
Acara ini dimoderatori oleh ketua Dewan Pengurus Cabang (DPC) PPWI Padangpanjang, Muhammad Subhan. Beliau juga merupakan ketua umum FAM Indonesia yang berpusat di Kediri, Jawa Timur ini. Sebelum masuk ke materi, Beliau memaparkan curriculum vitae ketiga orang narasumber. Moderator mengawali pembahasan dengan sebuah pertanyaan pembuka tentang kunci menulis masing-masing narasumber. Hampir seluruh narasumber berpendapat salah satu kunci utama menulis adalah membaca. Uniknya lagi Fauziah Fauzan yang akrab disapa Zizi ini memiliki tiga kunci utama menulis yang disimbolkan dengan kata M-ber (Membaca, Menemukan dan Menuliskan). Tanpa membaca tidak akan muncul inspirasi untuk menulis karena di sanalah kunci pokok seorang penulis baik penulis terkenal Indonesia maupun penulis yang paling populer di dunia saat ini.
Akhirnya, sekitar pukul 12.20 WIB, acara ditutup dengan pemberian 20 doorprize yang berisi masing-masing satu paket buku yang pemenangnya didapat secara acak oleh secarik kertas yang dibagikan panitian kepada seluruh peserta yang hadir saat itu. (HASAN ASYHARI) 

0 comments:

Post a Comment