Thursday, January 17, 2013

Lapsus-PAFIS (Pekan Akademisi Fakultas Ilmu Sosial) UNP 2012



Padang-Hari ini, Minggu (09/12/12) Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) Fakultas  Ilmu Sosial (FIS) bekerjasama dengan beberapa Unit Kegiatan Mahasiswa  Fakultas (UKMF) Ilmu Sosial menggelar sebuah iven akbar bertajuk “Workshop dan Penulisan Jurnal Ilmiah dengan tema Aku Handal Menulis Jurnal.” Iven ini diketuai oleh Ahmad Salim Ridwan (Geografi,2010). Menariknya, PAFIS yang diwujudkan kampus merah Universitas Negeri Padang ini juga mengajak seluruh fakultas yang ada di UNP dan juga beberapa perguruan tinggi di kota Padang. Peserta yang hadir lebih kurang 300 orang peserta. Acara ini tidak dipungut biaya alias gratis.
“Kegiatan ini dilakukan dalam bentuk workshop, pelatihan dan mentoring yang akan dilakukan selama dua hari yakni tanggal 14-15 Desember mendatang,” ujarnya di depan peserta yang hadir. Dalam kata sambutannya, Gubernur BEM FIS 2012/2013 Mujiono (Geografi, 2009) mengutarakan bahwa kegiatan ini diselenggrakan sebagai bentuk implementasi dari salah satu program kerja Departemen Pendidikan dan Penelitian BEM FIS 2012/2013 sekaligus melirik surat edaran DIRJEN DIKTI No.152 tahun 2012 bahwasanya setiap mahasiswa SI, SII dan SIII yang tamat kuliah harus membuat sebuah jurnal ilmiah yang diterbitkan di tingkat masing-masing yang gunanya sebagai pendeteksi apakah tugas akhir yang dibuat plagiat atau bukan. Acara yang diselenggarakan di Auditorium Prof. Kamaludin ini dibuka resmi oleh Drs. H. Ikhwan, M.Si selaku Pembantu Dekan III (PD III) FIS UNP. “Diharapkan, di masa akan datang kegiatan seperti ini dapat dilanjutkan dengan format yang lebih baik lagi,” ungkapnya di depan podium.
Kemudian, acara dilanjutkan dengan workshop yang diisi oleh tiga orang pemateri dengan berbagai materi yang sudah ditunjuk panitia pelaksana sebelumnya. Secara umum, seluruh birokrat FIS dan mahasiswa se-UNP mengapresiasi atas terselenggaranya kegiatan yang sangat hangat ditelinga para mahasiswa akhir-akhir belakangan ini. “Motivasi mengikuti acara ini karena ini pelatihan yang merupakan syarat wisuda dan agar nanti bisa bersaing dengan negara lain,” ucap Abdullah Hasan (Sejarah, 2010) salah seorang peserta acara tersebut.  (JP/HASAN ASYHARI)
 

0 comments:

Post a Comment