Thursday, November 7, 2013

FSDI FIS UNP: Kajian Spesial Muharram Bersama Dosen FBS UNP


Ustadz M. Hafiz di hadapan mahasiswa FIS yang hadir

Hari ini bertepatan dengan tanggal 1 Muharram 1435 Hijriah.   Tanggal tersebut merupakan  hari besar bagi umat Islam di seluruh penjuru dunia. Peringatan yang hadir setiap setahun sekali itu untuk mengenang peristiwa hijrahnya Rasulullah saw. dan para pengikutnya dari Mekkah menuju Madinah. Peristiwa hijrah dari Mekkah ke Madinah pada tanggal 24 September 622 M merupakan titik balik kehidupan Nabi Muhammad saw. Di sanalah kemajuan pesat perikehidupan umat muslim akan menjelang di bawah pimpinan beliau. Setelah tiba di Madinah, Nabi Muhammad saw. mengutus sahabat Hudzaifah Ibnu Yaman untuk melakukan sensus penduduk. Hasil sensus menyatakan bahwa terdapat 10.000 penduduk yang menetap di Madinah. Mereka terdiri dari 1.500 orang muslim, 4.000 orang Yahudi, dan 4.500 orang musyrik Arab. Umat Islam adalah kaum minoritas, namun dihormati dan mendapat kepercayaan untuk mengatur masyarakat yang dicita-citakan bersama.

Sebagai generasi muda islam tentunya harus mampu memahami dan memaknai Tahun Baru Islam ini. Oleh sebab itu, FSDI FIS UNP mempersembahkan kajian spesial memperingati 1 Muharram 1435 H bersama Ust. Muhammad Hafiz (Dosen Bahasa Inggris FBS UNP). Acara ini dilaksanakan Pada Rabu (07/10) pukul 16.20 wib kemaren. Kegiatan tersbut merupakan agenda PHBI dari Bidang Syiar Islam (Syiram) FSDI yang dikoordinatori oleh Bambang Kaliwardana. Acara yang diadakan di lokal D43 FIS UNP ini,  Insyaallah sangat bermanfaat baik dari segi ilmu agama maupun umum. Acara ini mendapat apresiasi positif dari civitas akademika Fakultas Ilmu Sosial UNP. 

Biasanya dalam rangkaian acara dibuka dengan pembacaan tilawah setelah itu penyampaian materi oleh ustadznya, kemudian setelah materi disampaikan dibuka sesi tanya jawab/diskusi dari peserta yang ditujukan kepada pemateri. Disaat acara berlangsung selalu diselingi teriakan takbir yang dipandu moderator yang seakan menambah semangat kita untuk ikut acara tersebut dan mempelajari islam itu lebih banyak lagi. Kemudian di akhir acara panitiapun tak lupu tmemberikan kenang-kenangan kepada ustadz dan juga doorprize kepada para peserta yang bertanya dan aktif diskusi. Dan akhirnya moderator menutup acara dengan diselingi sesi serba serbi yang bertujuan untuk penyampaian informasi oleh para peserta baik informasi tentang FSDI, FIS, Kampus maupun informasi umum serta setelah itu dilanjutkan dengan mengucapkan lafazh hamdallah dan disempurnakan dengan do’a penutup majelis. Allahuakbar...!! Selamat Tahun Baru Islam 1 Muharram 1435 H. (Laporan: PIKI SETRI PERNANTAH, Editor: HASAN ASYHARI)


0 comments:

Post a Comment