Thursday, November 7, 2013

Outbound dan Tafakur Alam Bersama Gemintang UKK 2013



        Selasa (5/11) bertepatan dengan tahun baru Islam, tanggal 1 Muharam 1435 Hijriah. Unit Kegiatan Kerohanian Universitas Negeri Padang (UKK UNP) melalui bidang kaderisasi melaksanakan outbound sekaligus tafakur alam (menjelajahi alam). Kegiatan tersebut merupakan follow up dari acara diklat (pendidikan dan latihan) angkatan muda UKK pada bulan Oktober yang lalu. Kegiatan tersebut diikuti lebih 70 orang peserta laki-laki dan perempuan. Peserta tersebut berasal dari seluruh fakultas yang ada di UNP. Umumnya adalah mahasiswa baru 2013 dan ada juga beberapa mahasiswa UNP tahun masuk 2012 yang baru mengikuti diklat angkatan muda UKK.
            Gunung Padang dan Pantai Air Manis ini selalu menjadi lokasi langganan Unit Kegiatan Kerohanian UNP dalam melaksanakan kegiatan outbound bagi mahasiswa UNP yang baru bergabung dengan Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) yang bergerak di bidang kerohanian Islam tersebut. Dalam pelaksanaannya, outbound terdiri atas beberapa posko. Di setiap posko ada game (permainan) yang menarik dan juga menantang. Seperti makan kerupuk, ulat bulu, dragon, angkat peserta, voli sarung. Seluruh peserta dibagi dalam kelompok-kelompok yang terdiri atas enam hingga tujuh orang perkelompok. Saat memasuki satu posko ke posko lainnya. Tiap kelompok diuji semangatnya dengan yel-yel. Tidak jauh berbeda dengan outbound tahun sebelumnya, setiap peserta diuji kelincahan berpikirnya dengan menghafal potongan ayat Al-Qur’an dan menyampaikannya secara kompak saat memasuki posko yang mereka lalui.
            Setelah game-game selesai dipermainkan. Seluruh peserta melaksanakan ibadah shalat zuhur berjamaah di bawah terik matahari, pinggir pantai dan air laut sebagai saksi bisunya. Kemudian, peserta dan panitia makan bersama di atas rerumputan hijau. Dan juga dilaksanakan mentoring beberapa menit. Tak berapa lama setelah itu dilanjutkan dengan acara penutupan. Menurut Amdrean Ruseffendi, Ketua Umum UKK UNP dan juga merupakan ketua Forum Silaturahim Lembaga Dakwah Kampus Sumatera Barat (FSLDK Sumbar) yang baru saja diamanahkan kepadanya. Setelah outbound ini seluruh peserta outbound akan diberi job (kerja) sebagai panitia Seminar Nasional Media yang akan dilaksanakan pada tanggal 16 November mendatang.
            “Acara ini sangat luar biasa, melatih diri disiplin, kerjasama, persatuan, meningkatkan ukhuwah sesama muslim,” ujar Toni salah seorang peserta laki-laki. Dan beliau juga berharap setelah oubound ini agar menjadi lebih baik lagi. Dalam penutupan tersebut diiumumkan kelompok peserta terbaik, peserta teladan dan yel-yel terbaik. Kemudian juga diumumkan ketua, bendahara serta ketua keputrian Gemintang (Generasi Muda Islam nan Tangguh). Gemintang merupakan nama kekompakan angkatan muda UKK 2013 yang disepakati saat diklat indoor di kampus Fakultas Ilmu Sosial bulan Oktober yang lalu.  Selanjutnya, ketua Gemintang terpilih Aris Bayu Prasetyo membacakan ikrar angkatan muda 2013 di hadapan peserta lainnya. “Dengan ikrar tersebut diharapkan mereka tetap istiqomah di UKK dan juga semoga menjadi generasi pelanjut estafet dakwah di kampus UNP ke depannya,” harap Hasan Asyhari selaku sekretaris acara yang juga merupakan sekretaris umum UKK 2013. (HASAN ASYHARI)
          

0 comments:

Post a Comment