Monday, November 18, 2013

Prihatin dengan Media, UKK UNP Gelar Seminar Nasional


Padang-Jejak Pikiran
Media sebagai sarana penyampai informasi. Seyogyanya memberikan berbagai informasi yang benar-benar dibutuhkan oleh masyarakat atau audiens. Baik terhadap  anak-anak hingga orangtua.

Namun, adakalanya informasi yang diharapkan tidak sesuai atau menyimpang dari koridor yang sewajarnya. Sehingga dari hal tersebut kerap kali menimbulkan kontra dari berbagai pihak.

Tidak hanya media cetak. Tapi juga media online (elektronik) sangat merajai panggung kehidupan masyarakat saat ini. Banyak kasus seperti pembunuhan, perampokan dan tindakan asusila dilakukan masyarakat sebab tidak mampu mem-filter informasi yang disampaikan oleh media yang mereka lihat, baca dan dengar .

Unit Kegiatan Kerohanian Universitas Negeri Padang (UKK UNP) sebagai Unit Kegiatan Mahasiswa yang bergerak di bidang kerohanian Islam turut andil dalam hal itu. Implikasi dari keprihatinan terhadap media, UKK menggelar Seminar Nasional bertema “Media Menggenggam Dunia.”

Seminar Nasional yang diadakan Sabtu, (16/11/2013) di Gedung Teater Tertutup Fakultas Bahasa dan Seni UNP ini merupakan acara penghujung BUMI (Budaya Mahasiswa Islam) UNP 2013. Acara ini diikuti lebih dari 100 orang peserta yang berasal dari mahasiswa seluruh fakultas di UNP. 

Kemudian, Iven besar yang digawei bidang Syi’ar Islam ini dimoderatori Edo Andrefson. Mahasiswa Fakultas Ekonomi UNP dan juga merupakan Sekjen Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) UNP tahun 2010.

Ketua Pelaksana, Ahmad Syakir mengatakan dengan adanya seminar ini diharapkan peserta lebih jeli lagi terhadap berbagai ancaman dari media terutama menyangkut pemikiran mahasiswa yang notabene sebagai agent of change  (agen perubahan) di tengah masyarakat.

Kedatangan Ibu Wakil Walikota Padang menjadi sesi yang istimewa pada acara tersebut. Dalam kata sambutannya, beliau merasa sangat senang dan terharu sekali dengan diangkatkannya acara tersebut.

Selanjutnya, acara dibuka oleh Azzuhfi Ilan Tinasar, S.Pd selaku Dewan Pertimbangan Organisasi UKK tahun 2013. 

Mengawali sesi acara inti, Grup Nasyid Skyborne dari Fakultas Bahasa dan Seni menghibur peserta yang hadir. Seluruh personil yang didominasi mahasiswa FBS UNP tahun masuk 2013 itu cukup memukau peserta yang hadir dengan alunan suara dan alat musik yang dimainkan.

Edy A Effendi, mantan wartawan salah satu koran nasional ditunjuk sebagai pembicara dari kalangan pers nasional. Dan Hamdanus, M.Si, direktur eksekutif Fokus Parlemen Jakarta sebagai pembicara kedua. Acara tersebut akan mengupas sisi gelap dari beberapa media nasional yang ada di Indonesia. Serta bagaimana dampak media terhadap pemikiran manusia (Ghazwul fikri).

Setelah penyampaian materi, moderator memberi kesempatan kepada tiga orang peserta bertanya pada pemateri. (HASAN ASYHARI) 

0 comments:

Post a Comment