Sunday, December 1, 2013

BEM FIS UNP Gelar Pelatihan Kewirausahaan Mahasiswa

Padang-Jejak Pikiran        
Pemateri 1 menyampaikan materi. (Dok. Amika)
Dalam rangka menumbuhkan jiwa wirausaha bagi mahasiswa. Badan Eksekutif  Mahasiswa Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Padang (BEM FIS UNP) yang diketuai oleh Chandra Perwira Negara ini menggelar Pelatihan Kewirausahaan Mahasiswa (PKwM).

Acara pelatihan dengan tema “Wujudkan Kemandirian dan Perekonomian Bangsa Melalui Entrepreneurship” ini diadakan pada hari Sabtu (30/11) bertempat di Auditorium Prof. Kamaluddin Fakultas Ekonomi UNP. 
    
“Pelatihan ini diadakan salah satunya untuk membentuk karakter mahasiswa dibidang wirausaha,” ujar Yopi Maulana, Ketua Panitia Pelaksana acara tersebut. Lalu acara dibuka oleh Drs. Ikhwan , M.Si, Pembantu Dekan III FIS UNP. Dalam kata sambutannya, beliau mengutarakan kewirausahaan bukan berarti berdagang saja, tapi lebih bagaimana menumbuhkan sikap kemandirian.

Setelah itu, acara dimulai dengan penyampaian materi sesi pertama oleh Dr. Susi Evanita, M.Si, Pembantu Dekan III FE UNP. Pada materi tentang konsep kewirausahaan, beliau menyampaikan bahwa dalam berwirausaha seorang harus kreatif, inovatif sehingga menghasilkan produk yang unik. Sebab di sanalah kunci dalam berwirausaha. Dalam berwirausaha seorang entrepreneur (wirausaha) melalui tiga tahapan yang dimulai dari perencanaan, pelaksanaan hingga pengembangan.

Dalam menyelingi materi kedua, panitia pelaksana memberikan ice breaking kepada sekitar lebih kurang 150 orang peserta yang hadir. Selanjutnya, sesi kedua dengan pemateri Drs. Ikhwan, M.Si dan M. Arifin, S.Pd, M.Pd. Kedua pemateri tersebut menyampaikan materi etika bisnis.

“Salah satu etika bisnis adalah jujur,” ungkap M. Arifin, S.Pd, M.Pd, Kepala Subag Kemahasiswaan FT UNP yang dahulunya pernah berstatus sosial sebagai seorang cleaning service. Dengan pengalaman yang disampaikannya, beliau sempat menggugah semangat peserta untuk siap berwirausaha.
Peserta serius mengikuti acara. (Dok. Amika)

Selanjutnya, materi tentang business plan disampaikan oleh Drs. Badrul Amin, ST, M.Pd. Pemateri berkulit putih dan berkaca mata ini merupakan salah seorang penyeleksi PMW (Program Mahasiswa Wirausaha). Beliau menyampaikan, bahwa dalam menyusun rencana bisnis, wirausahawan harus memperhatikan analisis pasar (segmen pasar). Produk apa dan konsumennya siapa juga harus diperhatikan dalam berwirausaha.

“Acaranya sangat bagus, sebab bisa membangun jiwa entrepreneurship mahasiswa,” ungkap Piki Setri Pernantah, mahasiswa jurusan Sejarah yang juga sedang mengembangkan usaha Kampuang Batik lewat PMW yang baru-baru ini didapat bersama teman-temannya dari Fakultas Ilmu Sosial.      

Di akhir acara, panitia menyampaikan pemenang kepada peserta yang membuat twitt paling gokil terkait acara. Serta juga memberikan doorprize yang menarik bagi peserta. (HASAN ASYHARI)

0 comments:

Post a Comment