Sunday, May 11, 2014

Sarasehan Pengurus UKK 2014

JP-Padang

Hari ini (Kamis, 08/05/2014) bertempat di mushalla Al Qalam FMIPA Universitas Negeri Padang digelar kegiatan “Sarasehan Pengurus UKK 2014.” Kegiatan ini dihadiri sekitar 30-an pengurus UKK 2014 termasuk Gemintang 2013 (nama angkatan muda 2013).

Dewan Pengurus Harian (DPH) menggelar kegiatan tersebut karena melihat sudah lama tak bersua dengan seluruh pengurus termasuk Dewan Pertimbangan Organisasi pasca up-grading beberapa bulan yang lalu. Selain itu, kegiatan ini juga bertujuan menyemangati kembali pengurus UKK agar tetap komitmen dalam menjalani berbagai agenda dakwah di kampus dengan motto Alam Takambang Jadi Guru itu.

Sarasehan Pengurus UKK 2014 di-taujihi oleh Elfit Gusrizal, DPO UKK 2014. “Kita harus meniru semangat seorang kenek travel atau bis kota dalam mengajak penumpang, begitupun kita sebagai kader dakwah semestinya meniru sikap kenek travel atau bis kota tersebut dalam bersemangat di jalan dakwah,” ujarnya menyemangati pengurus yang hadir saat itu.

Dalam taujih atau ceramah singkat (-red), Elfit juga menyampaikan beberapa kiat agar tetap semangat dalam jalan dakwah. Pertama, dekat kepada Allah. Kedekatan pada Allah akan menumbuhkan ghirah (semangat) dalam menjalankan agenda dakwah. Kedua, menjaga amalan sunnah. Banyak amalan sunnah yang bisa dikerjakan tiap hari seperti tilawah, shalat sunnah dan puasa sunnah (senin dan  kamis). Ketiga, duduk berkumpul dengan orang-orang shaleh. 

Eksistensi lingkungan sosial sangat cepat mempengaruhi semangat seseorang, jika berada dengan lingkungan orang-orang yang selalu menyeru pada jalan kebenaran, maka semangat kebenaran itu-pun akan selalu membara di jiwa dan pikiran kita. Begitu-pun yang keempat, hindari amarah. Amarah yang diawali dari rasa tidak senang atau suka akan sesuatu bisa jadi membuat ruhiyah kita lemah dan ini akan bermuara pada semangat kita dalam berdakwah.

Kemudian, kegiatan Sarasehan Pengurus UKK 2014 yang perdana di tahun kepengurusan ini dilanjutkan dengan diskusi bersama pengurus dan gemintang. Ardian Perkasa Mawan, Ketua Umum UKK 2014 meminta gemintang untuk memberikan kritik dan sarannya terhadap UKK baik dari segi kegiatan, personal dan sebagainya. Serta juga disebarkan angket self assisment yang akan diisi pengurus dan gemintang. Pengisian angket yang di-handle oleh DPO UKK bertujuan untuk meng-evaluasi kepengurusan UKK yang hampir berjalan satu setengah semester lamanya. Ardian juga meminta pengurus membuat Surat Cinta untuk UKK. Surat cinta tersebut diharapkan dapat menjadi palu bagi kepengurusan UKK sekarang untuk berbenah diri ke depannya.

Terakhir, Sarasehan Pengurus UKK 2014 ditutup dengan ifthar jama’i (buka puasa bersama) dan shalat maghrib berjamaah di mushalla Al Qalam yang baru direnovasi tersebut. (HA)

0 comments:

Post a Comment