Friday, September 19, 2014

UKK UNP Gelar AMOTI 2014


JP/Padang-AMOTI (Achievement Motivation Training) merupakan program kerja gawei-an bidang Kaderisasi Unit Kegiatan Kerohanian Universitas Negeri Padang (UKK UNP) dan juga bagian dari rangkaian agenda Budaya Mahasiswa Islam (BUMI) UKK 2014.
AMOTI diperuntukkan khusus untuk mahasiswa baru (maba) UNP tahun masuk 2014 dan dilaksanakan atas kerjasama dengan Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) UNP periode 2013/2014.

Kegiatan ini dilaksanakan di Teater Tertutup Fakultas Bahasa dan Seni UNP (Minggu, 14/09/2014). AMOTI dihadiri dua orang undangan ormawa UNP, satu orang dewan pembina UKK dan diikuti 106 orang peserta. Sementara jumlah panitia adalah 38 orang yang turut serta dalam menyukseskan acara AMOTI. Acara yang dikemas dalam bentuk seminar ini dimoderatori Ardiles, mahasiswa jurusan Ekonomi, UNP.

Kemudian, acara dibuka secara resmi oleh Ibu Dra. Murniyetti, M.Ag (Dewan Pembina UKK yang juga merupakan Kepala UPT MKU UNP). Beliau mengungkapkan, mahasiswa yang hanya kuliah-pulang, kuliah-pulang tidak akan sukses di tengah masyarakat.

Setelah itu, tim nasyid Gemintang Voice yang merupakan tim nasyid andalan angkatan muda UKK 2013 menghibur peserta dengan dua tembang nasyid yang sempat memukau peserta di ruangan seperti bioskop itu.

Kemudian, acara seminar AMOTI yang diketuai oleh Roni Kuncoro ini-pun dimulai. Panitia pelaksana mengundang tiga orang pemateri dengan materi yang berbeda dan memotivasi peserta yang hadir.
 
Pemateri tersebut adalah Ciptro Handrianto, S.Pd (Alumni PLS FIP UNP dan juga merupakan mahasiswa berprestasi UNP dengan IPK Summa Cumlaude atau setara 4,00), Adnan Arafani (Ex. Presiden Mahasiswa UNP periode 2013/2014) dan Amdrean Ruseffendi (Ex. Ketua Umum UKK 2013 dan juga merupakan mahasiswa aktivis kampus paling bersinar versi BEM UNP 2013/2014).

Selanjutnya, ketiga pemateri memaparkan materi yang diberikan panitia sebelumnya dengan gaya masing-masing. Pemaparan pertama disampaikan Adnan Arafani dengan tema Kepemimpinan. Ciptro Handrianto memaparkan materi Prestasi dan terakhir, Amdrean Ruseffendi yang diamanahkan menyampaikan materi Mahasiswa Aktivis Kampus.

“Materi yang disampaikan ketiga orang narasumber tersebut pas banget di hati dan memotivasi bagi kita-kita mahasiswa baru untuk sukses,” ucap Didik Arjun, peserta dari jurusan Geografi FIS UNP.

Berikutnya, Ustadz Ir. M. Abdul Jawad (Ex. Ketua Umum FSI di Institut Pertanian Bogor dan juga merupakan founder “Cerdas Cergas Consultindo”) menyimpulkan ketiga materi sebelumnya. Ia yang sempat menjadi dosen selama beberapa tahun di Fakultas Kehutanan, Universitas Muhammadiyah Sumatera Barat ini ternyata juga berbakat dalam bidang kepenulisan, hal ini dibuktikan banyaknya karyanya lewat buku-buku ilmiah yang pernah diterbitkan di Indonesia dan Malaysia.


Terakhir, jadwal istirahat, shalat dan makan (ishoma)-pun datang. Acara dipending hingga selesai Ishoma untuk lanjut pada training motivasi kuliah sukses yang di-training Andika Merizona, trainer el-tra UKK UNP. (HA)

0 comments:

Post a Comment