Wednesday, October 15, 2014

Mengenal d'pen UNP



d’pen UNP
(Wartawan Lembaga Dakwah Kampus UNP)

Latar Belakang Berdirinya d’pen UNP
            “d’pen UNP” merupakan singkatan dari dakwah pena UNP. Ia merupakan komunitas menulis dalam bidang jurnalistik. Saat ini status “d’pen UNP” berada di bawah naungan Badan Koordinasi Humas Media Forum Silaturrahim Lembaga Dakwah Kampus Sumbar (BK HM FSLDK Sumbar). “d’pen UNP” diprakarsai oleh empat orang aktivis dakwah kampus UNP yang merupakan perwakilan dari Lembaga Dakwah Fakultas se-UNP, untuk mengikuti acara Workshop Jurnalistik FSLDK Sumbar di kampus I UBH, Ulak Karang, Padang pada tanggal 16-17 November 2013. Di mana UBH melalui FSI Nurul Jannah selaku BK HM FSLDK Sumbar waktu itu menjadi tuan rumah pelaksanaan kegiatan itu.
Keempat orang tersebut adalah Hasan Asyhari (FSDI FIS), Ridwan (FKPWI FBS), R Sekar Ayu (Forsis FIP), Whina Mutia (Forsis FIP). Mereka langsung dilantik dan diberikan Surat Keputusan (SK) oleh BK Humas Media FSLDK Sumbar sebagai wartawan lembaga dakwah kampus. “d’pen UNP” terbentuk melalui rapat atau musyawarah perdana d’pen UNP di mushalla FE sekarang, tepatnya pada bulan Oktober 2013 dengan struktur sebagai berikut: Ketua (Hasan Asyhari), Wakil Ketua (Ridwan), Sekretaris (R Sekar Ayu), Bendahara (Whina Mutia).

Kegiatan  d’pen UNP
d’pen UNP kita dilatih menjadi bak seorang wartawan dakwah kampus yang meliput berbagai kegiatan masing-masing Lembaga Dakwah Fakultas (LDF) yang ada di UNP yakni Forsis FIP UNP, Forsia FMIPA UNP, FSDI FIS UNP, FKPWI FBS UNP, Formi Madani FE UNP, UKKI FIK UNP, Formis FT UNP, UKK UNP dan BSO UKK (Tutorial Islam UKK). Nanti, masing-masing wartawan dakwah kampus mendapati tanggung jawab sesuai dengan biro-nya (LDF) masing-masing.  Tidak hanya fokus pada peliputan kegiatan, namun juga penokohan dari aktivis dakwah kampus LDF seperti prestasi dan sebagainya juga diprioritaskan dalam penulisan naskah tulisan (berita). Kemudian hasil liputan tadi, ditulis seperti berita dan selanjutnya di posting pada website http://fsldksumbar.com. Tidak kecil kemungkinan nantinya dibuat sebuah buletin atau majalah dalam mengemas berita yang dibuat oleh masing-masing wartawan (jurnalis dakwah kampus) berbentuk print-out. Untuk pengiriman naskah tulisan tadi bisa di kirim langsung ke e-mail FSDLK Sumbar yang tertera pada website FSLDK Sumbar.  Selain itu wartawan d’pen UNP juga berhak mengirimi dan mem-posting naskah tulisan yang dibuat ke berbagai media baik media cetak seperti koran lokal Sumatera Barat maupun media elektronik seperti blog pribadi, kompasiana.com, sumbaronline.com, dsb.
.
Prospek d’pen UNP
            Prospek “d’pen UNP” melatih kita dalam menulis, bagaimana mensyiarkan Islam dalam bentuk tulisan. Ini juga termasuk dalam metoda dakwah bil qalam (dakwah melalui tulisan). Nah, ini yang memberi peluang bagi kita untuk berdakwah. Selain itu kita akan terlatih menjadi sosok wartawan yang besar kemungkinan memberi peluang untuk menjadi wartawan di berbagai media massa yang marak beredar saat ini baik media on-line maupun media off-line (cetak). Kemudian perlu ditekankan bahwa wartawan d’pen UNP tidak mendapati gaji atau honor oleh pihak kampus maupun BK HM FSLDK Sumbar, karena ini merupakan sebuah ladang amal bagi jurnalis (wartawan) d’pen UNP. Tentu hanya Allah swt yang bisa menggaji dengan pahala yang berlipat ganda.
Namun, peluang atau kesempatan untuk mengirimi ke berbagai media sebagaimana yang telah disebutkan tadi setidaknya bisa menambah finansial pribadi. Biasanya si pengirim (wartawan) akan diberi reward (penghargaan) berupa honor  atau gaji dari naskah tulisan yang dikirim jika sesuai dengan persyaratan pada media bersangkutan. Akan tetapi, tujuan kita di sini bukanlah mencari uang. Kita sebagai wartawan d’pen UNP ini diniatkan ikhlas untuk berdakwah.

Logo dan Media Informasi dan Komunikasi d’pen UNP


keterangan:
d: dakwah (warna hitam)

pen: pena (warna hijau muda-kuning-merah)
UNP (warna hitam)                                                             


Media informasi dan komunikasi d’pen UNP saat ini adalah facebook dengan nama akun “d’pen UNP.” Setiap wartawan d’pen UNP diharuskan memiliki akun e-mail tetap untuk pengiriman naskah tulisan ke e-mail FSLDK Sumbar.

Rekruitmen Anggota dan Masa Kepengurusan
            Rekruitmen anggota baru UNP dilakukan minimal satu kali setahun (selama periode kepengurusan) melalui rekomendasi dari masing-masing ketua LDF dan penyebaran informasi melalui akun utama facebook (d’pen UNP). Calon pengurus inti dan biro d’pen UNP melewati tahapan seperti seleksi administrasi, interview (wawancara), testing pembuatan berita, mengikuti pembekalan atau training jurnalistik awal. Sementara masa kepengurusan d’pen UNP biasanya selama satu tahun atau tergantung keputusan musyawarah dengan melihat  kondisi keaktifan pengurus dan anggota d’pen UNP.

Struktur atau Posisi Kepengurusan d’pen UNP
            d’pen UNP terdiri atas pengurus inti dan juga biro. Pengurus inti bertanggung jawab berjalannya aktifitas d’pen UNP selama periode kepengurusan. Sementara biro bertanggung jawab dalam meliput berbagai kegiatan LDF. Pengurus inti terdiri atas Ketua, Wakil Ketua, Sekretaris, Bendahara. Sementara biro terdiri atas biro masing-masing LDF seperti biro FKPWI FBS UNP (Ridwan, Rio), dsb.
 

1 comments:

dondi
July 18, 2015 at 8:43 PM

trimakasih infonya sangat menarik,,
bermanfaat sekali,,
mantap,,

Post a Comment