Wednesday, February 29, 2012

“You Wanna Be A Winner or You Wanna Be A Loser ?


Di depan Lokal: Terlihat Mas Budi sedang menjelaskan  materi “You Wanna Be A Winner or You Wanna Be A Loser” di hadapan peserta yang hadir.

You Wanna Be A Winner or You Wanna Be A Loser ? (Kamu ingin menjadi seorang pemenang atau seorang pecundang?), serangkaian kata itu merupakan tema untuk acara SIMPATI (Siraman Penyejuk Hati) episode kedua yang diadakan oleh Departemen Syiram (Syiar Islam) FSDI periode 2012 yang dikordinatori oleh Abdul Aziz mahasiswa jurusan sosiologi BP 2010. Acara rutin FSDI tiap minggu ini merupakan acara yang diperuntukkan untuk seluruh mahasiswa FIS UNP tak terkecuali untuk mahasiswa dari fakultas lainpun juga bisa mengikutinya. Nama SIMPATI yang merupakan gebrakan baru dari Departemen Syiram periode 2012 sendiri yang semula bernama Tim-Tam Together FSDI (Tuntunan Ilmu Tabungan Amal bersama FSDI). SIMPATI episode kedua dengan tema berbahasa inggris ini diadakan pada hari selasa, 28 Februari 2012 di lokal D02 FIS UNP dengan pemateri seorang Trainer Muda hasil didikan Hypno Therapy Training yakni Agung Pambudi,CH.CHT (gelar untuk alumni Hypno Therapy Training).
            Acara rutin setiap Selasa sore ini direncanakan dimulai pukul 16.30 WIB namun, karena pertimbangan peserta dan pemateri yang belum datang mengakibatkan sedikit kemoloran pada SIMPATI episode kali ini. Agar tidak molor terlalu lama, acara ini langsung dibuka oleh Ali Padri (Geografi,2010) sebagai MC dan selanjutnya pembacaan wahyu ilahi oleh Ridho Faslah (Sosiologi,2011) yang merupakan salah seorang Laskar Muda FSDI 2011. Lalu dipandu langsung oleh Piki Setri Pernantah, mahasiswa jurusan Sejarah BP.2010 yang juga merupakan salah seorang vokalis Grup Nasyid Green Harokah FSDI ini mencoba mengulas sedikit mengenai tema acara SIMPATI saat itu. Beberapa menit setelah itu Trainer Muda yang ditunggu akhirnya sampai juga di lokal yang bersebelahan dengan Kantin FIS UNP itu.
            “Semangat Pagi,Semangat Pagi,Semangat Pagi”. Itu adalah kata-kata pertama yang diucapkan Mas Budi (sapaan akrabnya) di hadapan peserta yang hadir saat itu. Sebelum masuk ke pembahasan lebih mendalam mas Budi meemberikan kesempatan kepada peserta yang hadir untuk memberikan pendapatnya mengenai kata pemenang, banyak pendapat dari peserta yang dikumpulkannya dalam sebuah kesimpulan bahwa pemenang adalah menjadi orang yang terbaik untuk orang lain. Trainer yang bertubuh cukup tinggi ini meminta kepada semua peserta yang hadir untuk mengacungkan tangannya, “siapa yang punya HP?”, tanya Beluiau. Dan bertanya lagi, “Apakah semua Fiture yang ada di HP pernah  digunakan?”. Lalu peserta pun menjawab dengan ramainya, “ belum!”.
Pemilik toko IT Smart Computer ini memaparkan tentang buku Be Young Succes yang dikontraskan dengan bahasa Indonesia menjadi kata “Biang Sukses”. Dalam pemaparannya, Beliau membagi tipe pemuda (mahasiswa) yang sukses dalam empat kuadran yaitu kuadran 1,2,3 dan 4. Di mana kuadran satu adalah tipe akademis yakni mahasiswa yang biasanya berada di perpustakaan, maklum karena sangat akademis sekali. Kuadran dua adalah tipe Organisatoris, biasanya mereka main di sekretariat suatu organisasi. Selanjutnya kuadran tiga dengan tipe Bisnis, yakni tipe mahasiswa yang hobinya pembisnis seperti bisnis MLM. Dan terkhir kuadran empat yakni dengan tipe Tidak jelas, biasanya mereka lebih cenderung duduk di cafe dan di BPR (Bawah Pohon Rindang). Jadi, di sini terlihat mana pemuda yang akan sukses dan tidak. Meskipun IP kita bagus namun itu tidak menjamin kesuksesan seseorang namun yang penting ada keseimbangan antara IQ, EQ dan SQ.
Akhirnya, acara pun berakhir pada pukul 18.10 WIB dan di akhir acara pengurus memberi sebuah bingkisan kepada mas Budi yang diberikan langsung oleh Ketua Umum FSDI periode 2012 Dody Irawan, mahasiswa jurusan Geografi yang juga merupakan salah seorang Qori dari event MTQ Mahasiswa tingkat Nasional di Makasar beberapa bulan yang lalu. (Hasan Asyhari)

1 comments:

abdullah hasan
March 2, 2012 at 3:26 PM

jempol deh...

Post a Comment