Saturday, April 7, 2012

Ketika Mahasiswa Sosiologi-Antropologi Reguler 2010 FIS UNP Berbicara


“Ketika Mahasiswa Sosiologi-Antropologi Reguler 2010 Berbicara” adalah sebuah tema yang dirujuk oleh Hasan Asyhari selaku Founder Hasan Information Centre untuk melakukan survei dalam bentuk penyebaran angket pertanyaan mengenai keaktifan mahasiswa Sosiologi-Antropologi Reguler FIS UNP tahun masuk 2010 baik dari segi keaktifan di dalam lokal maupun keaktifan di organisasi intra kampus sendiri. Hasan Information Centre merupakan nama blog (http://Hasaninformationcentre.blogspot.com) di dunia maya yang merupakan inisiatif pribadi ini yang tujuannya untuk berbagi informasi bagi pembaca blog maupun searcher baik mengenai Informasi Akademik maupun nonakademik.
Kegiatan survei ini dilakukan pada hari kamis,  5 April 2012 di lokal D29 FIS UNP ini. Kegiatan yang dilakukan pada jam 08.30-08.45 wib ini merupakan kegiatan perdana yang dilakukan oleh blogger Hasan Asyhari ke dalam unsur akademika di UNP khususnya Fakultas Ilmu Sosial (FIS). Kegiatan ini diikuti oleh 37 orang mahasiswa Sosiologi-Antropologi Reguler 2010 yang masih berada di lokal saat jam pelajaran mata kuliah Sosiologi Pendidikan usai.
 Survei ini dilakukan dengan pemilihan tiga opsi (pilihan jawaban) yang tersedia dalam angket pertanyaan di mana posisi duduk mereka seperti saat perkuliahan namun tidak terikat dengan aturan saat dosen berada di depan lokal perkuliahan. Dalam angket pertanyaan tersebut diajukan dua pertanyaan. Pertanyaan pertama adalah Apakah keaktifan perkuliahan di dalam kelas mempengaruhi IP anda? dengan pilihan jawaban; a. ya,sangat berpengaruh, b.tidak terlalu berpengaruh, dan c. ragu-ragu. Dan pertanyaan kedua yakni Apakah anda pernah aktif di kepengurusan dalam suatu organisasi intra kampus sejak awal kuliah hingga sekarang ini? dengan pilihan jawaban; a.ya,aktif, b.tidak aktif, c.ragu-ragu.
Akhirnya beberapa jam setelah penyebaran dan pengumpulan angket pertanyaan yakni sekitar pukul 11.50 wib didapat hasil sebagai berikut: Pertanyaan pertama, yang memilih a.11 orang (29,73%), b.22 orang (59,46%), c.4 orang (10,81) dan untuk pertanyaan kedua, yang memilih opsi a.14 orang (37,84%), b.14 orang (37,84%) dan opsi c.9 orang (24,32%).
Jadi, berdaskan hasil survei tersebut dapat disimpulkan bahwa mahasiswa Sosiologi Antropologi (Sosant) R 2010 berpandangan bahwa keaktifan perkuliahan di dalam kelas tidak terlalu berpengaruh terhadap IP mereka. Dan juga mengenai keaktifan dalam kepengurusan suatu organisasi intra kampus dari awal hingga sekarang ini mereka berpendapat antara yang pernah aktif dan tidak aktif yakni seimbang.
(Hasan Asyhari)

0 comments:

Post a Comment