Ketika Mahasiswa Sosiologi-Antropologi Reguler 2010 FIS UNP Berbicara

Kegiatan survei ini dilakukan
pada hari kamis, 5 April 2012 di lokal
D29 FIS UNP ini. Kegiatan yang dilakukan pada jam 08.30-08.45 wib ini merupakan
kegiatan perdana yang dilakukan oleh blogger
Hasan Asyhari ke dalam unsur akademika di UNP khususnya Fakultas Ilmu Sosial
(FIS). Kegiatan ini diikuti oleh 37 orang mahasiswa Sosiologi-Antropologi
Reguler 2010 yang masih berada di lokal saat jam pelajaran mata kuliah
Sosiologi Pendidikan usai.
Survei ini dilakukan dengan pemilihan tiga opsi
(pilihan jawaban) yang tersedia dalam angket pertanyaan di mana posisi duduk
mereka seperti saat perkuliahan namun tidak terikat dengan aturan saat dosen
berada di depan lokal perkuliahan. Dalam angket pertanyaan tersebut diajukan
dua pertanyaan. Pertanyaan pertama adalah Apakah
keaktifan perkuliahan di dalam kelas mempengaruhi IP anda? dengan pilihan
jawaban; a. ya,sangat berpengaruh, b.tidak terlalu berpengaruh, dan c.
ragu-ragu. Dan pertanyaan kedua yakni Apakah
anda pernah aktif di kepengurusan dalam suatu organisasi intra kampus sejak
awal kuliah hingga sekarang ini? dengan pilihan jawaban; a.ya,aktif,
b.tidak aktif, c.ragu-ragu.
Akhirnya beberapa jam setelah
penyebaran dan pengumpulan angket pertanyaan yakni sekitar pukul 11.50 wib
didapat hasil sebagai berikut: Pertanyaan pertama, yang memilih a.11 orang
(29,73%), b.22 orang (59,46%), c.4 orang (10,81) dan untuk pertanyaan kedua,
yang memilih opsi a.14 orang (37,84%), b.14 orang (37,84%) dan opsi c.9 orang
(24,32%).
Jadi, berdaskan hasil survei
tersebut dapat disimpulkan bahwa mahasiswa Sosiologi Antropologi (Sosant) R
2010 berpandangan bahwa keaktifan perkuliahan di dalam kelas tidak terlalu berpengaruh terhadap IP
mereka. Dan juga mengenai keaktifan dalam kepengurusan suatu organisasi intra
kampus dari awal hingga sekarang ini mereka berpendapat antara yang pernah
aktif dan tidak aktif yakni seimbang.
(Hasan Asyhari)
0 comments:
Post a Comment