Monday, April 2, 2012

Training Dasar Legislatif BPM FIS UNP


                       Pada hari ini Minggu, 1 April 2012  Badan Perwakilan Mahasiswa (BPM) Fakultas Ilmu Sosial (FIS) UNP kembali mengadakan Training Dasar Legislatif (TDL) periode 2011/2012 dengan tema “Semangat Legislatif Menuju Kemajuan Fakultas Ilmu Sosial.” Acara TDL kali ini dihadiri oleh puluhan peserta, anggota magang, undangan dan pengurus BPM sendiri.  
                          Acara yang diadakan di ruang perkuliahan D81 FIS UNP ini dimulai pada pukul 09.00 WIB dengan di awali  ice breaking (senam otak) yang dipandu oleh Piki Setri Pernantah (Sejarah,2010) dan Abdul Aziz (Sosiologi,2010) membuat peserta yang hadir  lebih semangat sebelum acara pembukaan dimulai. Lalu,dilanjutkan dengan pembukaan oleh MC Hilda Yatul Rahmadanis (Sosiologi,2010). Kemudian pembacaan ayat suci Al Qur’an oleh Piki Setri Pernantah mahasiswa yang sempat menjadi ketua pelaksana Wisuda FIS periode Maret 2012 ini. Dan pelaporan acara TDL  oleh ketua pelaksana  Febry Hardiansyah, mahasiswa yang merupakan Ketua Komisi C BPM FIS periode 2011/2012. Serta penyampaian kata sambutan dari ketua BPM dan sambutan sekaligus pembukaan secara resmi oleh Dekan FIS UNP Bapak Prof.Dr.Syafri Anwar,M.Pd. Dalam pembukaan acara Beliau menyampaikan berbagai pengalamannya sewaktu sebagai aktivis waktu kuliah dulu hingga ditunjuk sebagai salah satu pendiri MPALH UNP saat ini.
                          Kemudian dimulailah acara inti dengan materi Juknis (Petunjuk Teknis) dan Juklak (Petunjuk Pelaksana) ORMAWA UNP oleh Nispu Mabrur, yang merupakan Ketua Majelis Perwakilan Mahasiswa (MPM) UNP periode 2010. “Ternyata nama Juknis dan Juklak tiap perguruan tinggi itu berbeda,” ujarnya saat penyampaian materi. Setelah itu masuk pada  materi kedua mengenai Ormawa UNP oleh M.Habibie, mantan Presiden Mahasiswa (Presma) UNP tahun 2010 dan juga merupakan ketua umum Keluarga Besar Mahasiswa Minang (KBMM) periode 2011/2012 itu. Saat penyampaian materi kedua Beliau mengalami kesalahan komunikasi dari pihak panitia pelaksana sehingga tidak dapat menampilkan slide presentasi di depan peserta yang hadir saat itu. Lalu dilanjutkan dengan sesi diskusi antar pemateri dan peserta TDL yang hadir di ruangan yang ber-AC (Air Conditioner) tersebut.
                          Dan tepat pada pukul 12.30 WIB tibalah saat yang dinanti oleh peserta yakni ishoma (istirahat,sholat,makan) sehingga acara di tunda hingga pukul 13.30 WIB. Setelah pukul 13.30 WIB, acarapun dilanjutkan dengan diawali tayangan video tentang Indonesia dihadapan peserta yang dipandu langsung oleh Abdul Aziz (Sosiologi,2010). Akhir acara panitia memberikan doorprize bagi dua peserta yang bisa menyimpulkan materi pertama hingga akhir. Dan kemudian terpilihlah dua peserta yang menerima voucher pulsa gratis senilai 10 ribu rupiah yakni Amdrean Ruseffendi (ISP,2010) dan Piki Setri Pernantah (Sejarah,2010). (Hasan Asyhari)

0 comments:

Post a Comment