Saturday, August 4, 2012

Resensi Buku: Cara Cerdas Hafal Al-Qur’an


Kiat dan Motivasi Menghafal Al-Qur’an

Judul               : Cara Cerdas Hafal Al-Qur’an
Pengarang       : Dr. Raghib As-Sirjani dan Dr. Abdurrahman Abdul Khaliq
Penerbit           : PT Aqwam Media Profetika, Solo
Cetakan           : XIII, September 2011 M
Tebal Buku      : 128 halaman

            Nikmat Al-Qur’an merupakan karunia dan anugerah paling agung yang diberikan Allah swt kepada hamba-hambanya yang beriman. Manusia yang tidak ada respon terhadap ayat-ayat-Nya, tidak pula melaksanakan seruan-Nya, mereka seolah seperti makhluk yang belum pernah terlahir di muka bumi ini. Pada dirinya tak ada kehidupan yang nyata.
            Secara lebih khusus, nikmat yang sangat besar dikaruniakan kepada sekelompok hamba-Nya yang tidak hanya beriman namun juga menghafal Al-Qur’an. Allah sangat meninggikan derajat serta melipatgandakan pahala mereka. Selain itu, Allah memerintahkan kaum beriman untuk memuliakan dan memprioritaskan mereka dibandingkan yang lain.
            Buku yang ditulis oleh dua pakar dengan latar belakang yang berbeda. Dr. Abdurrahman Abdul Khaliq adalah doktor di bidang syariah lulusan Universitas Islam Madinah. Sedangkan Dr. Raghib As-Sirjani adalah doktor di bidang medis di Amerika. Dua pakar tersebut berusaha mengeksplorasikan faktor-faktor penting yang bisa membantu untuk mewujudkan suci dan cita-cita agung menghafal Al-Qur’an. 
            Bagaimana memulai menghafal, bagaimana metodenya, kapan dan apa kunci rahasia untuk menjaga hafalan akan dikupas secara tajam dalam buku ini. Selain menyuguhkan berbagai kiat yang cukup lengkap, buku ini juga menyuguhkan serangkaian motivasi. Dimulai dengan menjelaskan berbagai keutamaan orang yang menghafal Al-Qur’an (hafizh) kemudian disertai dengan berbagai kode etik dan karakteristik yang semestinya melekat pada diri seorang hafizh.
            Kepiawaian dua penulis dengan studi gelar doktor berbeda ini mampu menulis buku-buku How To seperti dalam buku yang semula berbahasa Arab ini. Rangkaian kiat dan motivasi yang diuraikan mengajak para pembaca untuk mengubah paradigma bahwa menghafal bukan lagi sebuah beban dan sesuatu ekslusif, melainkan ibadah yang sangat penting dan menyenangkan. Judul yang dicantumkan pada cover seolah-olah terkesan cukup menegangkan dan kaku serta belum mencakup isi buku secara keseluruhan. Tidak hanya cara menghafal Al-Qur’an namun juga cara menghayati dan menerapkan Al-Qur’an. Setelah dibaca lembar perlembar ternyata tidak begitu monoton bahkan bervariasi dengan uraian kata-kata motivasi sehingga lebih enak dibaca. Hal demikian dapat menutup kekurangan buku penerbit Aqwam ini. (Hasan Asyhari)

0 comments:

Post a Comment